PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 2 Godong Tahun Ajaran 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar matematika; 2) mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: WIJAYANTI, ANITA
Format: Thèse
Langue:English
English
English
English
English
English
English
English
Publié: 2011
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/13040/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar matematika; 2) mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 2 Godong Kabupaten Grobogan semester genap tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian terdiri dari 73 siswa yang diambil secara acak dari seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 90 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Hasil analisis disimpulkan bahwa: ada pengaruh dari status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar matematika, ada pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, ada pengaruh bersama-sama antara status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Persentase sumbangan yang diberikan oleh status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika adalah sebesar 31,9%, sumbangan efektifnya diperoleh pengaruh kelengkapan fasilitas belajar mendominasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika sebesar 22,77% sedangkan status sosial ekonomi keluarga sebesar 9,12%.