EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH (ICM) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN PEMAHAMAN MATERI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII F di SMP Negeri 2 Simo)

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan penerapan strategi Index Card Match dalam pembelajaran matematika SMP kelas VII dan (2) mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman materi setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan strategi Index Card Match. Jenis penelit...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: KARTIKASARI , SENY
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
English
English
English
English
English
English
Хэвлэсэн: 2011
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/13038/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
Тодорхойлолт
Тойм:Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan penerapan strategi Index Card Match dalam pembelajaran matematika SMP kelas VII dan (2) mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman materi setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan strategi Index Card Match. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Simo Boyolali, yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan meliputi: a) keberanian bertanya sebelum tindakan 3,57% dan setelah tindakan 25%, b) menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 10,71% dan setelah tindakan 35,71%, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 7,14% dan setelah tindakan 32,14%, d) mengemukakan pendapat atau ide sebelum putaran 0 % dan setelah tindakan 21,43%, dan (2) Ada peningkatan pemahaman materi dapat dilihat dari pencapaian nilai siswa dalam mengerjakan soal evaluasi  KKM sebelum tindakan 17,86% dan setelah tindakan 50%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan keaktifan siswa dan pemahaman materi.