PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALUI OPTIMALISASI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas V SD N Gawan I)

Tujuan p enelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe talking stick . (2) memberikan pedoman kepada guru untuk memperabaiki dan meningkatkan pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri G...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Cahyaningsih, Dwi
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13036/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan p enelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe talking stick . (2) memberikan pedoman kepada guru untuk memperabaiki dan meningkatkan pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gawan I tahun 2010/2011 semester 1 dengan subyek seluruh siswa kelas V yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat dari 6 point yaitu: (1) kemampuan dalam pengetahuan peningkatannya mencapai 20%, (2) kemampuan dalam pemahaman peningkatannya mencapai 20%, (3) kemampuan dalam penerapan peningkatan nya mencapai 14,29%, (4) kemampua n dalam analisis peningkata nnya mencapai 17,14%, (5) kemampuan dalam sintesis peningkatannya mencapai 17,14%, (6) kemampuan dalam evaluasi peningkatannya mencapai 14,29%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pengukuran waktu, jarak, dan kecepata n pada SD Negeri Gawan I berjalan baik, namun masih diperlukan adanya kekonsistenan semangat guru dalam mengajar dan fasilitas sarana dan prasarana penunjang pembelajaran harus dioptimalkan penggunaannya serta referensi buku yang maksimal.