PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALUI OPTIMALISASI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas V SD N Gawan I)
Tujuan p enelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe talking stick . (2) memberikan pedoman kepada guru untuk memperabaiki dan meningkatkan pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri G...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13036/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan p enelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan kognitif siswa
pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe talking stick .
(2) memberikan pedoman kepada guru untuk memperabaiki dan meningkatkan
pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gawan I
tahun 2010/2011 semester 1 dengan subyek seluruh siswa kelas V yang berjumlah
35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi
dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Untuk
menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian
menunjukkan dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe talking stick
dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat dari 6 point
yaitu: (1) kemampuan dalam pengetahuan peningkatannya mencapai 20%, (2)
kemampuan dalam pemahaman peningkatannya mencapai 20%, (3) kemampuan
dalam penerapan peningkatan nya mencapai 14,29%, (4) kemampua n dalam
analisis peningkata nnya mencapai 17,14%, (5) kemampuan dalam sintesis
peningkatannya mencapai 17,14%, (6) kemampuan dalam evaluasi
peningkatannya mencapai 14,29%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
matematika pengukuran waktu, jarak, dan kecepata n pada SD Negeri Gawan I
berjalan baik, namun masih diperlukan adanya kekonsistenan semangat guru
dalam mengajar dan fasilitas sarana dan prasarana penunjang pembelajaran harus
dioptimalkan penggunaannya serta referensi buku yang maksimal.
|
---|