PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media VCD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VI...

Deskribapen osoa

Gorde:
Xehetasun bibliografikoak
Egile nagusia: ASTUTI , YULINA DWI
Formatua: Thesis
Hizkuntza:English
English
English
English
English
English
English
English
Argitaratua: 2011
Gaiak:
Sarrera elektronikoa:https://eprints.ums.ac.id/13033/
Etiketak: Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
Deskribapena
Gaia:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media VCD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 36 siswa, dan peneliti sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah; prestasi belajar siswa meningkat meliputi aspek: a) siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebelum tindakan 61,11 % dan setelah tindakan 88,88 %, b) siswa yang mendapat nilai diatas rata-rata kelas sebelum tindakan 50 % dengan rata-rata 67 dan setelah tindakan 63,88 % dengan rata-rata 85,91. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media VCD dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.