PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen terhadap kepuasan belajar, 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap...
Сохранить в:
Главный автор: | |
---|---|
Формат: | Диссертация |
Язык: | English English English English English English English English |
Опубликовано: |
2011
|
Предметы: | |
Online-ссылка: | https://eprints.ums.ac.id/13012/ |
Метки: |
Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
|
_version_ | 1804995767160537088 |
---|---|
author | TAMA, DIANI WANITA |
author_facet | TAMA, DIANI WANITA |
author_sort | TAMA, DIANI WANITA |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi
mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen terhadap kepuasan belajar, 2)
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh persepsi
mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap
kepuasan belajar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan
Akuntansi UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 181 mahasiswa dengan
sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik incidental sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode
angket sebelumnya telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas.
Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F,
sumbangan efektif dan sumbangan relatif.
Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda
sebagai berikut Y=2,659 + 0,324 X1 + 0,628 X2, artinya kepuasan belajar
dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan
kualitas pelayanan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan
bahwa: 1) persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung
> ttabel , yaitu 3,583 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000.
2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 8,837 > 1,980 dan nilai
probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) persepsi mahasiswa tentang
kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan secara bersama-sama
berpengaruh terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel,
yaitu 73,974 > 3,07 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4)
variabel persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen memberikan
sumbangan efektif 12, 47%. variabel kualitas pelayanan memberikan sumbangan
efektif 42, 73%, sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 55,2%,
sedangkan 44, 8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13012 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13012 https://eprints.ums.ac.id/13012/ PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009 TAMA, DIANI WANITA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen terhadap kepuasan belajar, 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 181 mahasiswa dengan sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y=2,659 + 0,324 X1 + 0,628 X2, artinya kepuasan belajar dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 3,583 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 8,837 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 73,974 > 3,07 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) variabel persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen memberikan sumbangan efektif 12, 47%. variabel kualitas pelayanan memberikan sumbangan efektif 42, 73%, sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 55,2%, sedangkan 44, 8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/1/COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/9/LAMPIRAN.pdf TAMA, DIANI WANITA (2011) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070109 |
spellingShingle | L Education (General) TAMA, DIANI WANITA PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009 |
title | PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR
DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR
MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009 |
title_full | PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR
DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR
MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009 |
title_fullStr | PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR
DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR
MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009 |
title_full_unstemmed | PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR
DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR
MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009 |
title_short | PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR
DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR
MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009 |
title_sort | pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi fkip ums angkatan 2008 2009 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13012/ |
work_keys_str_mv | AT tamadianiwanita pengaruhpersepsimahasiswatentangkompetensimengajardosendankualitaspelayananterhadapkepuasanbelajarmahasiswaprogramstudipendidikanakuntansifkipumsangkatan20082009 |