PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN (Studi Situs Di SMK Sudirman 1 Wonogiri)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ciri-ciri pengelolaan pembelajaran berbasis kewirausahaan di SMK Sudirman 1 Wonogiri, yang meliputi: 1) Ciri-ciri pemgembangan materi kewirausahaan, 2) Ciri-ciri interaksi antara guru dan siswa 3) Ciri-ciri evaluasi pembelajaran kewirausahaan....
Gespeichert in:
1. Verfasser: | |
---|---|
Format: | Abschlussarbeit |
Sprache: | English English English English English English English English English |
Veröffentlicht: |
2011
|
Schlagworte: | |
Online Zugang: | https://eprints.ums.ac.id/12894/ |
Tags: |
Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
|
Zusammenfassung: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ciri-ciri pengelolaan
pembelajaran berbasis kewirausahaan di SMK Sudirman 1 Wonogiri, yang
meliputi: 1) Ciri-ciri pemgembangan materi kewirausahaan, 2) Ciri-ciri interaksi
antara guru dan siswa 3) Ciri-ciri evaluasi pembelajaran kewirausahaan.
Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnografi yang
mengambil lokasi di SMK Sudirman 1 Wonogiri. Informan dalam penelitian ini
adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru-guru
kewirausahaan, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara
mendalam, observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dianalisis
dengan analisis model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian 1) Ciri-ciri pengembangan materi kewirausahaan di SMK
Sudirman 1 Wonogiri pada kompetensi mengaktualisasikan sikap dan perilaku
wirausaha serta mengelola usaha kecil. Pengembangan materi meliputi aspek
kognitif, afektif dan psikomotorik. Pengembangan materi pada aspek kognitif
dengan menambah pengetahuan tentang semangat wirausaha, keuletan dan pantang
menyerah untuk memperluas pengetahuan siswa sehingga tidak mudah putus asa
dalam menghadapi tantangan. Pada aspek afektif melalui penanaman sikap
kedisiplinan, kejujuran, kemandirian, kreatif dan inovatif, keuletan, pantang
menyerah. Pada aspek psikomotorik melalui praktik kantin kejujuran, membuat
tempat tisue, direct selling, mengelola kantin dan pertokoan. 2) Ciri-ciri interaksi
antara guru dan siswa dalam pembelajaran kewirausahaan di SMK Sudirman 1
Wonogiri adalah guru dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan siswa. Pola
interaksi guru dan siswa, siswa dan guru dilakukan pada metode ceramah pada saat
guru menyampaikan materi dan terjadi tanya jawab di kelas. Pola interaksi guru
dan siswa, siswa dan guru, siswa dan siswa terjadi melalui metode diskusi dan
tanya jawab serta pada saat siswa praktik di pertokoan, kantin, direct selling. 3)
Ciri-ciri evaluasi pembelajaran kewirausahaan di SMK Sudirman 1 Wonogiri
meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Teknik penilaian untuk aspek
kognitif melalui tes tertulis, aspek afektif menggunakan format penilaian sikap,
siswa menilai dirinya sendiri dan juga siswa dinilai oleh guru, aspek psikomotorik
dengan menggunakan format penilaian unjuk kerja dilakukan melalui pengamatan pada saat praktik. Hasil evaluasi menunjukkan untuk tes tertulis masih ada siswa
yang nilainya di bawah KKM sehingga harus remidiasi, penilaian sikap rata-rata
pada kategori nilai B (Baik) dengan skor 7,5-8,9, penilaian unjuk kerja rata-rata
masih banyak siswa yang belum kompeten dalam praktik-praktik kewirausahaan
skor di bawah 7,0. |
---|