PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI DEEP DIALOGUE KELAS IV SDN KLECO 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar IPA dan peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA menggunakan strategi deep dialogue. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N Kleco 2...

Πλήρης περιγραφή

Αποθηκεύτηκε σε:
Λεπτομέρειες βιβλιογραφικής εγγραφής
Κύριος συγγραφέας: SARI, IDA KARTIKA
Μορφή: Thesis
Γλώσσα:English
English
English
English
English
English
English
English
Έκδοση: 2011
Θέματα:
Διαθέσιμο Online:https://eprints.ums.ac.id/12827/
Ετικέτες: Προσθήκη ετικέτας
Δεν υπάρχουν, Καταχωρήστε ετικέτα πρώτοι!
Περιγραφή
Περίληψη:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar IPA dan peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA menggunakan strategi deep dialogue. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N Kleco 2 Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan perubahan kenampakan alam. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 57,99 %, di akhir putaran mencapai 78,95 %, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 65,79 %, di akhir putaran mencapai 92,10 %, serta 3) mengerjakan soal latihan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 71,05 %, pada di akhir putaran mencapai 94,74 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 60,53 %, sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 94,73 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis deep dialogue dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.