UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI

Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang Sambi Boyolali dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang pada tahun ajaran 2010/2011 yang...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: IRMAWAN , SIGIT
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/12826/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang Sambi Boyolali dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang pada tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data yang adalah observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Tes disini adalah berupa soal-soal menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Analisis data dimulai sejak awal tindakan dilaksanakan dan penyajian data berupa sekumpulan informasi dalam bentuk teks naratif yang disusun, diatur dan diringkas, sehingga mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai kelas 62,5 pada siklus I meningkat menjadi 77,67 pada siklus II dan 86,67 pada siklus III. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 50% meningkat menjadi 66,67% pada siklus II dan 91,67 % pada siklus III dengan KKM 63. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika dapat di tingkatkan melalui penggunaan media tiga dimensi.