UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI
Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang Sambi Boyolali dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang pada tahun ajaran 2010/2011 yang...
Sábháilte in:
Príomhchruthaitheoir: | |
---|---|
Formáid: | Tráchtas |
Teanga: | English English English English English English English English |
Foilsithe / Cruthaithe: |
2011
|
Ábhair: | |
Rochtain ar líne: | https://eprints.ums.ac.id/12826/ |
Clibeanna: |
Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
|
Achoimre: | Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah
Dasar Negeri 02 Glintang Sambi Boyolali dalam menghitung volume bangun
ruang kubus dan balok. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v
Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang pada tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah
12 siswa. Metode pengumpulan data yang adalah observasi, metode tes, dan
metode dokumentasi. Tes disini adalah berupa soal-soal menghitung volume
bangun ruang kubus dan balok. Analisis data dimulai sejak awal tindakan dilaksanakan
dan penyajian data berupa sekumpulan informasi dalam bentuk teks naratif yang disusun,
diatur dan diringkas, sehingga mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar siswa dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan
balok. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai kelas 62,5 pada siklus I
meningkat menjadi 77,67 pada siklus II dan 86,67 pada siklus III. Prosentase
ketuntasan belajar siswa pada siklus I 50% meningkat menjadi 66,67% pada
siklus II dan 91,67 % pada siklus III dengan KKM 63. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika dapat di tingkatkan
melalui penggunaan media tiga dimensi. |
---|