KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pada sub materi pokok luas bangun datar sederhana kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cep...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: JUPRIYANTO , JUPRIYANTO
Format: Thèse
Langue:English
English
English
English
English
English
English
English
Publié: 2011
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/12816/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pada sub materi pokok luas bangun datar sederhana kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011. Dengan populasi penelitian terpilih sampel yaitu 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Sedangkan kelompok kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Dari penelitian diketahui bahwa rata – rata hasil belajar kelompok eksperimen = 70,12 dan rata – rata hasil belajar kelompok kontrol = 64,32. Dengan n1 = 25 dan n2 = 25 diperoleh thitung = -3,139 dan nilai probabilitas = 0,004. Dengan taraf signifikansi α 5% dan dk = 24 diperoleh ttabel =2,064. Karena Ho terletak pada daerah krtitik Ho ditolak dan nilai probabilitas < taraf signifikansi α 5% maka Ho ditolak dan H1 diterima berarti metode cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011 pada sub materi pokok luas bangun datar sederhana.