UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TGT )TEAMS GAMES TOURNAMENTS ( PTK Pada Siswa Kelas V Semester Genap SD N Pelemgadung I Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2010/2011 )
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments pada siswa kelas V SD Negeri Pelemgadung I Karang Malang Sragen semester genap tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian...
Kaydedildi:
Yazar: | |
---|---|
Materyal Türü: | Tez |
Dil: | English English English English English English English English |
Baskı/Yayın Bilgisi: |
2011
|
Konular: | |
Online Erişim: | https://eprints.ums.ac.id/12811/ |
Etiketler: |
Etiketle
Etiket eklenmemiş, İlk siz ekleyin!
|
Özet: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games
Tournaments pada siswa kelas V SD Negeri Pelemgadung I Karang Malang
Sragen semester genap tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa
kelas V SD Negeri Pelemgadung I yang berjumlah 33 siswa. Metode
pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis
interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar
matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar
matematika meliputi: 1) keaktifan siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 39,3
%, siklus I 54,4 %, siklus II 68,7 %, dan di akhir tindakan 78,1 %, 2)
mengemukakan pendapat sebelum tindakan 15,1 %, siklus I 30,3 %, siklus II 56,2
%, dan di akhir tindakan 62,5 %, 3) tim yang mendapat nilai rata-rata ≥ 40
sebelum tindakan 0 %, siklus I 33,3 %, siklus II 66,7 %, dan di akhir tindakan 100
%, 4) daya serap hasil belajar sebelum tindakan 27,2 %, siklus I 36,3 %, siklus II
78,1 %, dan di akhir tindakan 87,5 %,. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa
melalui pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada
pokok bahasan sifat-sifat bangun datar pasa siswa kelas V semester genap SD N
Pelemgadung I tahun ajaran 2010/2011. |
---|