PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYAMELALUI PENDEKATAN TWO STAY TWO STRAY KELAS IV SDN WERU 03 TAHUN PELAJARAN 2010 /2011 (PTK Pada Siswa Kelas IV Semester Ganjil SDN Weru 03 Weru Sukoharjo)

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya dengan menggunakan pendekatan Two Stay Two Stray. Bentuk penelitian ini: Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan II Siklus, tiap siklus terdiri dari 4 taha...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: UTAMI , IIN SRI
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/12802/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya dengan menggunakan pendekatan Two Stay Two Stray. Bentuk penelitian ini: Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan II Siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek yang diteliti siswa kelas IV SD Negeri Weru 03 yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan di setiap putaran, kondisi awal ( 57,2%), putaran I (71, 42%), putaran II (92,86%). Kesimpulan penelitian ini yaitu pendekatan Two Stay Two Stray dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.