STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH MAKAN AYAM BAKAR WONG SOLO CABANG YOGYAKARTA

Dalam memasuki era globalisasi pengusaha Rumah Makan harus jeli dalam memasarkan produknya. Keberhasilan Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Yogyakarta dalam memasarkan keunggulan dan keunikan produknya tergantung dari cara penyampaian pesan kepada masyarakat. Dengan menggunakan strategi komunik...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: WIBOWO, PUTRI WIJAYANTI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/12708/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Dalam memasuki era globalisasi pengusaha Rumah Makan harus jeli dalam memasarkan produknya. Keberhasilan Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Yogyakarta dalam memasarkan keunggulan dan keunikan produknya tergantung dari cara penyampaian pesan kepada masyarakat. Dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu diharapkan nama Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Yogyakarta akan semakin terkenal dan semakin menarik minat konsumen untuk mau datang ke rumah makan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Yogyakarta. Penelitian ini mengambil lokasi di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo menerapkan strategi komunikasi pemasaran terpadu. Kegiatan komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan adalah media cetak, media elektronik, publikasi, corporate identity, sponsorship, word of mouth (WOM), promosi penjualan, dan kolateral (Booklet/Leaflet). Media cetak yang digunakan adalah media cetak lokal. Sedangkan media elektornik, yaitu radio dan televisi. Publikasi yang dilakukan adalah dengan membuat blog di internet tentang Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo. Corporate identity ini ditunjukkan melalui logo dan papan nama Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo. Promosi penjualan dilakukan dengan cara memberikan voucher discount sebesar 10%. Sponsorship yang dilakukan adalah dengan menjadi sponsor kegiatan atau event yang diselenggarakan oleh kalangan pelajar atau mahasiswa atau acara seminar yang diselenggarakan di Yogyakarta. Selain sponsorship, word of mouth (WOM) juga digunakan sebagai sarana promosi, yaitu dengan getok tular. Penggunaan sarana koleteral (booklet/leaflet) dilakukan dengan menyebarkan leaflet kepada masyarakat umum.