ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan yang melakukan listing di BEI tahun 2005-2008)

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA) dan faktor-faktor non-keuangan (umur perusahaan, repuasi auditor dan reputasi underwriter) terhadap underpricing. Underpricing merupakan suatu keadaan, dimana harga saham pada...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteur: HANDAYANI, RENI
Formaat: Thesis
Taal:English
English
Gepubliceerd in: 2010
Onderwerpen:
Online toegang:https://eprints.ums.ac.id/12693/
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
Omschrijving
Samenvatting:Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA) dan faktor-faktor non-keuangan (umur perusahaan, repuasi auditor dan reputasi underwriter) terhadap underpricing. Underpricing merupakan suatu keadaan, dimana harga saham pada saat penawaran perdana lebih rendah dibandingkan dengan ketika perdagangan di pasar sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang melakukan go public di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2008. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan yang mengalami underpricing yang sesuai dengan kriteria hasil pemilihan sample dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan Uji asumsi kalsik, uji t, uji F, uji R² dan regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa, variabel-variabel keuangan yaitu ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA, diperoleh kesimpulan bahwa ROA dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap underpricing. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan 0,019 dan 0,004 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan untuk faktor financial leverage tidak berpengaruh terhadap underpricing. Variabel-variabel non-keuangan yaitu umur perusahaan, reputasi auditor, dan reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing. Pada analisis data untuk variabel-variabel keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA) dan variabel-variabel non-keuangan (umur perusahaan, reputasi auditor dan reputasi underwriter) hasilnya sama pada pengujian variabel-variabel keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA), yang berpengaruh terhadap underpricing yaitu ROA dan ukuran perusahaan, tapi dengan nilai signifikan yang berbeda yaitu sebesar 0,028 dan 0,009.