FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN OBAT BATUK BEBAS DI MASYARAKAT KABUPATEN LAMPUNG UTARA PROPINSI LAMPUNG

Pengobatan sendiri adalah penggunaan obat oleh masyarakat untuk tujuan pengobatan sakit ringan (minor illnesses), tanpa resep atau intervensi dokter. Batuk adalah suatu refleksi fisiologi protektif yang bermanfaat untuk mengeluarkan dan membersihkan saluran pernapasan dari dahak, debu, zat-zat...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: SUNDARI , EVA
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
Almmustuhtton: 2010
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/12640/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Pengobatan sendiri adalah penggunaan obat oleh masyarakat untuk tujuan pengobatan sakit ringan (minor illnesses), tanpa resep atau intervensi dokter. Batuk adalah suatu refleksi fisiologi protektif yang bermanfaat untuk mengeluarkan dan membersihkan saluran pernapasan dari dahak, debu, zat-zat perangsang asing yang dihirup, partikel-partikel asing, dan unsur-unsur infeksi. Penjualan obat flu dan batuk di berbagai apotek dan toko obat di Lampung tahun 2004 meningkat 20%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam penggunaan obat batuk bebas di masyarakat Kabupaten Lampung Utara Propinsi Lampung. Penelitian yang dilakukan bersifat observasional dengan pendekatan secara deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner kepada responden sebelumnya telah diuji keandalannya dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode pengambilan sampel secara proporsional accidental sampling. Sampel yang diambil sebanyak 130 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan obat batuk bebas di masyarakat Kabupaten Lampung Utara adalah faktor distribusi (78,5%), harga/ekonomi (69,9%), pribadi, kebudayaan, dan psikologis (66,4%), kualitas (56,7%), dan promosi (52,8%).