PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010

Pelayanan tempat pendaftaran pasien rawat inap reguler (TPPRI) yang berkualitas akan memberikan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas yang tinggi yang akan berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara e...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: INDRATI , DWI
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/12609/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Pelayanan tempat pendaftaran pasien rawat inap reguler (TPPRI) yang berkualitas akan memberikan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas yang tinggi yang akan berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan keberwujudan terhadap kepuasan pasien Jamkesmas di tempat pendaftaran pasien rawat inap reguler RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2010. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan sequential random sampling dan dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan secara individual dan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Jamkesmas, dengan persamaan regresi linear berganda y = -14,96+0,31X1 + 0,46X2 + 0,28X3+ 0,35X4+ 0,61X5+ Є. Pasien Jamkesmas merasa cukup puas dengan kualitas pelayanan di TPPRI reguler. Perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan khususnya dimensi ketanggapan dan keberwujudan yaitu petugas rekam medis yang sesuai standar profesi rekam medis dan ketersediaan tempat tidur kelas III untuk pasien Jamkesmas.