PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010

Pelayanan tempat pendaftaran pasien rawat inap reguler (TPPRI) yang berkualitas akan memberikan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas yang tinggi yang akan berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara e...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: INDRATI , DWI
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2011
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/12609/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Pelayanan tempat pendaftaran pasien rawat inap reguler (TPPRI) yang berkualitas akan memberikan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas yang tinggi yang akan berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan keberwujudan terhadap kepuasan pasien Jamkesmas di tempat pendaftaran pasien rawat inap reguler RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2010. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan sequential random sampling dan dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan secara individual dan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Jamkesmas, dengan persamaan regresi linear berganda y = -14,96+0,31X1 + 0,46X2 + 0,28X3+ 0,35X4+ 0,61X5+ Є. Pasien Jamkesmas merasa cukup puas dengan kualitas pelayanan di TPPRI reguler. Perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan khususnya dimensi ketanggapan dan keberwujudan yaitu petugas rekam medis yang sesuai standar profesi rekam medis dan ketersediaan tempat tidur kelas III untuk pasien Jamkesmas.