FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menguji secara empiris Loan to Assets Rotio, Return on Assets Ratio, Return on Equity, Net Profit Margin secara bersama -sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Perbankan. 2) Untuk menguji secar...
Сохранить в:
Главный автор: | |
---|---|
Формат: | Диссертация |
Язык: | English English |
Опубликовано: |
2010
|
Предметы: | |
Online-ссылка: | https://eprints.ums.ac.id/12499/ |
Метки: |
Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
|
Итог: | Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menguji secara empiris Loan to
Assets Rotio, Return on Assets Ratio, Return on Equity, Net Profit Margin secara
bersama -sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio
Pada Perusahaan Perbankan. 2) Untuk menguji secara empiris Loan to Assets Rotio
secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada
Perusahaan Perbankan. 3) Untuk menguji secara empiris Return on Assets Ratio
berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Perbankan.
4) Untuk menguji secara empiris Return on Equity secara parsial berpengaruh secara
signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Perbankan. 5) Untuk menguji
secara empiris Net Profit Margin secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap
Price Earning Rati o Pada Perusahaan Perbankan.
Hipotesis dalam penelitian adalah 1) H1 : Loan to Assets Ratio, Return on Assets
Ratio, Return on Equity dan Net Profit Margin secara simultan berpengaruh terhadap
Price Eraning ratio pada perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia. 2) H2 : Loan to
Assets Ratio (LAR) berpengaruh negatif secara signifikan terhadap Price Eraning Ratio
secara parsial. 3) H3 : ROA berpengaruh posistif secara signifikan terhadap Price Earning
Ratio secara parsial. 4) H 4 : Return on Equity (ROE) berpengaruh positif secara signifikan
terhadap Price Earning Ratio secara partial. 5) H5 : Net Profit Margin berpengaruh positif
secara signifikan terhadap Price Earning Ratio secara parsial.
Berdasarkan hasil analisis uji t bahwa nilai t-hitung LAR sebesar 2,451. Oleh
karena hasil uji t statistik (t-hitung) lebih besar dari nilai t tabel (2,451 > 1,960) atau
Probabilitas t lebih kecil dari 0,05 (0,003 < 0,05) maka Ho ditolak pada taraf signifikansi
0,05. Artinya bahwa variabel LAR mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER.
Variabel ROA lebih besar dari nilai t tabel (3,703 > 1,960) atau Probabilitas t lebih kecil
dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Artinya bahwa
variabel ROA mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER. Variabel ROE lebih
kecil dari nilai t tabel (-0,289 < 1,960) atau Probabilitas t lebih besar dari 0,05 (0,773 <
0,05) maka Ho ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Artinya bahwa variabel ROE tidak
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER. Variabel NPM lebih besar dari nilai
t tabel (3,134 > 1,960) atau Probabilitas t lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho
ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Artinya bahwa variabel NPM mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap PER.
Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 25,878 (25,878
> 2,53) dengan probabilitas sebesar 0,001 (P < 0,05), hal ini berarti variabel LAR, ROA,
ROE dan NPM secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER
Hasil perhitungan R2 sebesar 0,544. Hal ini berarti 54,4% variasi perubahan
keputusan nasabah dijelaskan oleh variasi perubahan LAR, ROA, ROE dan NPM.
Sementara sisanya sebesar 45,6% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut
terobservasi.
|
---|