HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (UMS) TENTANG PROFESI FISIOTERAPI DENGAN MOTIVASI BELAJAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Persepsi Mahasiswa fisioterapi UMS tentang Profesi Fisioterapi dan gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa fisioterapi UMS serta hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2010- januari 2011. Pengumpulanb data dil...
-д хадгалсан:
Үндсэн зохиолч: | |
---|---|
Формат: | Дипломын ажил |
Хэл сонгох: | English English English English English English English English English |
Хэвлэсэн: |
2011
|
Нөхцлүүд: | |
Онлайн хандалт: | https://eprints.ums.ac.id/12490/ |
Шошгууд: |
Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
|
_version_ | 1804995625071149056 |
---|---|
author | FAJRI, DEDI AGUS |
author_facet | FAJRI, DEDI AGUS |
author_sort | FAJRI, DEDI AGUS |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Persepsi Mahasiswa fisioterapi
UMS tentang Profesi Fisioterapi dan gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa fisioterapi UMS
serta hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2010-
januari 2011. Pengumpulanb data dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada mahasiswa
fisioterapi UMS D3, D4 dan S1 semester I kemudian memberikan skor dari masing-masing
pernyataan kuesioner. Jurusan Fisioterapi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang
diharapkan mampu menghasilkan tenaga fisioterapi yang sesuai dengan kebutuhan
masyarakat baik kualitas maupun kuantitasnya yang salah satu faktornya adalah pencapaian
hasil belajar mahasiswa tersebut dan kemandirian setelah menyelesaikan perkuliahan
tersebut. Selain peran pendidik motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang profesi
fisioterapi mempunyai hubungan timbal balik terhadap hasil belajar mereka selama proses
pendidikan di jurusan Fisioterapi maupun dalam menjalankan profesinya sebagai fisioterapis.
Menurut Hocberg (1969) hubungan persepsi dengan tingkahlaku itu sangat erat sebab dalam
persepsi khususnya persepsi sosial mempunyai pengaruh terhadap individu dalam mencapai
tujuan. Maka persepsi yang positif terhadap profesi fisioterapi diharapkan dapat
meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi mahasiswa
Mahasiswa Fisioterapi UMS tentang profesi fisioterapi dengan motivasi belajar. Dari hasil
uji statistik dengan analisis Korelasi Product Movement diperoleh Nilai P=0,00. Jadi dapat
disimpulkan bahwa berarti ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa
dengan motivasi belajar.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12490 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12490 https://eprints.ums.ac.id/12490/ HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (UMS) TENTANG PROFESI FISIOTERAPI DENGAN MOTIVASI BELAJAR FAJRI, DEDI AGUS RM Therapeutics. Pharmacology Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Persepsi Mahasiswa fisioterapi UMS tentang Profesi Fisioterapi dan gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa fisioterapi UMS serta hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2010- januari 2011. Pengumpulanb data dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada mahasiswa fisioterapi UMS D3, D4 dan S1 semester I kemudian memberikan skor dari masing-masing pernyataan kuesioner. Jurusan Fisioterapi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan tenaga fisioterapi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat baik kualitas maupun kuantitasnya yang salah satu faktornya adalah pencapaian hasil belajar mahasiswa tersebut dan kemandirian setelah menyelesaikan perkuliahan tersebut. Selain peran pendidik motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang profesi fisioterapi mempunyai hubungan timbal balik terhadap hasil belajar mereka selama proses pendidikan di jurusan Fisioterapi maupun dalam menjalankan profesinya sebagai fisioterapis. Menurut Hocberg (1969) hubungan persepsi dengan tingkahlaku itu sangat erat sebab dalam persepsi khususnya persepsi sosial mempunyai pengaruh terhadap individu dalam mencapai tujuan. Maka persepsi yang positif terhadap profesi fisioterapi diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi mahasiswa Mahasiswa Fisioterapi UMS tentang profesi fisioterapi dengan motivasi belajar. Dari hasil uji statistik dengan analisis Korelasi Product Movement diperoleh Nilai P=0,00. Jadi dapat disimpulkan bahwa berarti ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa dengan motivasi belajar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12490/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12490/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12490/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12490/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12490/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12490/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12490/12/BAB_VI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12490/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12490/16/LAMPIRAN.pdf FAJRI, DEDI AGUS (2011) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (UMS) TENTANG PROFESI FISIOTERAPI DENGAN MOTIVASI BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . J110090206 |
spellingShingle | RM Therapeutics. Pharmacology FAJRI, DEDI AGUS HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (UMS) TENTANG PROFESI FISIOTERAPI DENGAN MOTIVASI BELAJAR |
title | HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (UMS) TENTANG PROFESI FISIOTERAPI DENGAN MOTIVASI BELAJAR |
title_full | HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (UMS) TENTANG PROFESI FISIOTERAPI DENGAN MOTIVASI BELAJAR |
title_fullStr | HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (UMS) TENTANG PROFESI FISIOTERAPI DENGAN MOTIVASI BELAJAR |
title_full_unstemmed | HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (UMS) TENTANG PROFESI FISIOTERAPI DENGAN MOTIVASI BELAJAR |
title_short | HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (UMS) TENTANG PROFESI FISIOTERAPI DENGAN MOTIVASI BELAJAR |
title_sort | hubungan persepsi mahasiswa fisioterapi universitas muhammadiyah surakarta ums tentang profesi fisioterapi dengan motivasi belajar |
topic | RM Therapeutics. Pharmacology |
url | https://eprints.ums.ac.id/12490/ |
work_keys_str_mv | AT fajridediagus hubunganpersepsimahasiswafisioterapiuniversitasmuhammadiyahsurakartaumstentangprofesifisioterapidenganmotivasibelajar |