HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (UMS) TENTANG PROFESI FISIOTERAPI DENGAN MOTIVASI BELAJAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Persepsi Mahasiswa fisioterapi UMS tentang Profesi Fisioterapi dan gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa fisioterapi UMS serta hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2010- januari 2011. Pengumpulanb data dil...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/12490/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Persepsi Mahasiswa fisioterapi
UMS tentang Profesi Fisioterapi dan gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa fisioterapi UMS
serta hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2010-
januari 2011. Pengumpulanb data dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada mahasiswa
fisioterapi UMS D3, D4 dan S1 semester I kemudian memberikan skor dari masing-masing
pernyataan kuesioner. Jurusan Fisioterapi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang
diharapkan mampu menghasilkan tenaga fisioterapi yang sesuai dengan kebutuhan
masyarakat baik kualitas maupun kuantitasnya yang salah satu faktornya adalah pencapaian
hasil belajar mahasiswa tersebut dan kemandirian setelah menyelesaikan perkuliahan
tersebut. Selain peran pendidik motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang profesi
fisioterapi mempunyai hubungan timbal balik terhadap hasil belajar mereka selama proses
pendidikan di jurusan Fisioterapi maupun dalam menjalankan profesinya sebagai fisioterapis.
Menurut Hocberg (1969) hubungan persepsi dengan tingkahlaku itu sangat erat sebab dalam
persepsi khususnya persepsi sosial mempunyai pengaruh terhadap individu dalam mencapai
tujuan. Maka persepsi yang positif terhadap profesi fisioterapi diharapkan dapat
meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi mahasiswa
Mahasiswa Fisioterapi UMS tentang profesi fisioterapi dengan motivasi belajar. Dari hasil
uji statistik dengan analisis Korelasi Product Movement diperoleh Nilai P=0,00. Jadi dapat
disimpulkan bahwa berarti ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa
dengan motivasi belajar.
|
---|