HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DALAM FACEBOOK DENGAN CEMBURU PADA PASANGAN
Cemburu pada pasangan merupakan hal yang dapat terjadi pada setiap orang. Cemburu yang dirasakan tersebut karena adanya ancaman dalam hubungan yang sedang terjalin dan rasa takut kehilangan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi cemburu pada pasangan yaitu persepsi terhadap interaksi sosia...
Furkejuvvon:
Váldodahkki: | |
---|---|
Materiálatiipa: | Oahppočájánas |
Giella: | English English English English English English English English |
Almmustuhtton: |
2011
|
Fáttát: | |
Liŋkkat: | https://eprints.ums.ac.id/12392/ |
Fáddágilkorat: |
Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
|
Čoahkkáigeassu: | Cemburu pada pasangan merupakan hal yang dapat terjadi pada setiap
orang. Cemburu yang dirasakan tersebut karena adanya ancaman dalam hubungan
yang sedang terjalin dan rasa takut kehilangan. Salah satu faktor yang dapat
mempengaruhi cemburu pada pasangan yaitu persepsi terhadap interaksi sosial
dalam Facebook. Persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook yaitu proses
penilaian seseorang yang bersifat subjektif dalam memperoleh, memperhatikan
dan menafsirkan informasi yang dilihat secara selektif dalam interaksi sosial yang
dilakukan pasangannya melalui situs jejaring sosial Facebook.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara persepsi
terhadap interaksi sosial dalam Facebook dengan cemburu pada pasangan, 2)
tingkat persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook, 3) tingkat cemburu
pada pasangan.
Subjek dalam penelitian ini adalah yang menyatakan bahwa dirinya
berkomitmen untuk berpacaran, baik yang berjenis kelamin laki-laki maupun
perempuan, usia 17 – 24 tahun, memiliki pasangan yang dalam sehari waktu yang
digunakan untuk membuka Facebook minimal 1 jam, minimal sekali update
status dan telah memiliki Facebook minimal 2 bulan serta bertempat tinggal di
wilayah Kota Surakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
purposive incidental non random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan
skala persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dan skala cemburu pada
pasangan.
Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan teknik analisis product
moment diperoleh nilai koefisien (r) sebesar -0,558 dengan p < 0,01. Hal ini
berarti hipotesis yang penulis ajukan terbukti yaitu ada hubungan negatif yang
sangat signifikan antara persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dengan
cemburu pada pasangan. Ketika seseorang dalam mempersepsikan interaksi sosial
yang dilakukan pasangan dalam Facebook positif, maka kecemburuan yang
dirasakan akan rendah. Sebaliknya ketika seseorang mempersepsikan interaksi
sosial yang dilakukan pasangan dalam Facebook negatif, maka kecemburuan yang
dirasakan akan semakin tinggi. Variabel persepsi terhadap interaksi sosial dalam
Facebook mempunyai rerata empirik sebesar 98,780 dengan rerata hipotetik sebesar 92,5. Variabel cemburu pada pasangan memiliki rerata empirik sebesar
100,440 dan rerata hipotetik sebesar 92,5. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat
persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dan cemburu pada pasangan
subjek penelitian tergolong sedang. |
---|