HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KREATIVITAS KERJA PADA GURU TPA DI KECAMATAN KARANG NONGKO KABUPATEN KLATEN
Kreativitas sangat diperlukan bagi seorang guru TPA. Guru TPA yang memiliki kreativitas tinggi dapat merubah suasana pembelajaran agama yang monoton. Pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan cara mendengarkan penjelasan guru TPA tentang agama dan membaca Al Qur’an dengan cara mengeja dap...
Salvato in:
Autore principale: | |
---|---|
Natura: | Tesi |
Lingua: | English English English English English English English English |
Pubblicazione: |
2011
|
Soggetti: | |
Accesso online: | https://eprints.ums.ac.id/12362/ |
Tags: |
Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne!!
|
Riassunto: | Kreativitas sangat diperlukan bagi seorang guru TPA. Guru TPA yang
memiliki kreativitas tinggi dapat merubah suasana pembelajaran agama yang
monoton. Pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan cara mendengarkan
penjelasan guru TPA tentang agama dan membaca Al Qur’an dengan cara mengeja
dapat dirubah oleh guru TPA dengan memanfaatkan media elektronik seperti VCD
sehingga anak timbul minat belajar agama. Kreativitas guru TPA dengan
memanfaatkan sarana media elektronik selain menarik minat siswa juga
mengajarkan kepada siswa untuk mengenal perkembangan ilmu pengetahuan yang
semakin modern. Salah satu faktor yang mempengaruhi kreativitas guru TPA adalah
motivasi mengajar. Motivasi mengajar merupakan faktor berdasarkan kebutuhan dan
keinginan yang ada dalam diri seseorang, kekuatan ini akan mempengaruhi pikiran
yang selanjutnya akan mengarahkan perilaku seseorang dalam kegiatan mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Hubungan antara motivasi
mengajar dengan kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang Nongko
Kabupaten Klaten. 2). Peran motivasi mengajar terhadap kreativitas kerja pada guru
TPA di Kecamatan Karang Nongko Kabupaten Klaten. 3). Tingkat motivasi
mengajar pada guru TPA. 4). Tingkat kreativitas kerja pada guru TPA.
Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan positif antara motivasi
mengajar dengan kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang Nongko
Kabupaten Klaten.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru TPA yang ada di Kecamatan
Karang Nongko, Klaten berjumlah 165 guru TPA. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah guru TPA yang ada di Kecamatan Karang Nongko, Klaten.
Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive non random
sampling.
Berdasarkan analisis data dengan korelasi product moment diperoleh hasil
rxy = 0,526 dengan p = 0,000 (p ≤ 0,01). Peran motivasi mengajar terhadap
kreativitas kerja sebesar 0,277 atau 27,7%. Hal ini berarti masih terdapat 72,3% dari
beberapa variabel lain yang mempengaruhi kreativitas kerja. Kategori kreativitas kerja subyek tergolong tinggi dengan rerata empirik (ME) = 106,213 dan rerata
hipotetik (MH) = 82,5 dan kategori motivasi mengajar subyek tergolong sangat
tinggi dengan rerata empirik (ME) = 102,213 dan rerata hipotetik (MH) = 75.
Kesimpulan penelitian ada hubungan positif yang sangat signifikan antara
motivasi mengajar dengan kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang
Nongko, Klaten. |
---|