ANALISIS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN MENTAL BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbedaan mental berwirausaha antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapatkan mata kuliah kewirausahaan, mengetahui posisi kuadran pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Prodi. Pendidikan Bio...

Täydet tiedot

Tallennettuna:
Bibliografiset tiedot
Päätekijä: APRILIYANI, DEFI
Aineistotyyppi: Opinnäyte
Kieli:English
English
English
English
English
English
English
English
Julkaistu: 2011
Aiheet:
Linkit:https://eprints.ums.ac.id/12318/
Tagit: Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
Kuvaus
Yhteenveto:Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbedaan mental berwirausaha antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapatkan mata kuliah kewirausahaan, mengetahui posisi kuadran pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengetahui rencana strategis dalam pengembangan pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta Instrument dalam penelitian ini meliputi kuisioner skala likert, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan, pertama Uji Mann Whitney untuk mengetahui perbedaaan mental berwirausaha antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapat pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Unversitas Muhammadiyah Surakarta, Analisis SWOT untuk mengetahui letak kuadran pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta serta menentukan rencana strategis pengembangan pembelajaran di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pengolahan data Uji Mann Whitney menggunakan software SPSS 17 menunjukan hasil z hitung < z tabel (-2.198<-1.96) dan probabilitas 0.028< 0.05 menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapatkan kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta, pengolahan data menggunakan analisis SWOT menunjukan pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta berada pada kuadran III dengan titik cartesius (-0.09, +1.51) dan pembelajaran kewirausahaan di Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta berada pada kuadran I (+2.81, +1.44). Rencana strategis pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagian mengadopsi pembelajaran kewirausahaan di Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.