SIFAT FISIS DAN MEKANIS MATERIAL REL KERETA API

Penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui kualitas dari rel kereta api. Sebagai objek penelitian dalam kesempatan ini adalah rel kereta api yang didapat dari bengkel kereta api Balapan Solo. Adapun evaluasi kualitas yang dilakukan meliputi pengujian kekerasan, pengujian komposisi, pengujian...

Fuld beskrivelse

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: PUTRANTO, BESUS DWI
Format: Thesis
Sprog:English
English
English
English
English
English
English
English
Udgivet: 2011
Fag:
Online adgang:https://eprints.ums.ac.id/12237/
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
Beskrivelse
Summary:Penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui kualitas dari rel kereta api. Sebagai objek penelitian dalam kesempatan ini adalah rel kereta api yang didapat dari bengkel kereta api Balapan Solo. Adapun evaluasi kualitas yang dilakukan meliputi pengujian kekerasan, pengujian komposisi, pengujian tarik serta pengamatan struktur mikro. Setelah material dasar dikenakan pekerjaan awal, seperti pembuatan spesimen uji, dipersiapkan sedemikian rupa kemudian benda diuji dengan alat pengujian untuk masing-masing pengujian. Dari hasil pengujian kekerasan didapatkan dengan harga kekerasan rata-rata dari rel kereta api adalah 281,7 HVN. Harga komposisi rata-rata dari rel kereta api sendiri sebesar 588,4 % Sedangkan kekuatan tarik rata-rata dari rel kereta api sebesar 0,04 Newton/mm² Foto struktur mikro diambil dengan pembesaran 100 X, dan 200 X. Dari angka-angka hasil pengujian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa rel kereta api mempunyai keuletan dan ketangguhan yang tinggi.