PENGARUH HARGA, IKLAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK PT. DJARUM INDONESIA (Studi Pada Konsumen Produk PT. Djarum Indonesia di Kota Surakarta)
Dengan semakin adanya banyak jenis rokok yang menawarkan berbagai macam kelebihan dapat memberikan konsumen kemudahan untuk memutuskan produk yang akan dibeli sesuai dengan harga, iklan yang ditawarkan dan kualitas produk. Oleh karena itu produsen rokok berusaha memproduksi produk un...
Tallennettuna:
Päätekijä: | |
---|---|
Aineistotyyppi: | Opinnäyte |
Kieli: | English English English English English English English English |
Julkaistu: |
2011
|
Aiheet: | |
Linkit: | https://eprints.ums.ac.id/12204/ |
Tagit: |
Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
|
Yhteenveto: | Dengan semakin adanya banyak jenis rokok yang menawarkan
berbagai macam kelebihan dapat memberikan konsumen kemudahan untuk
memutuskan produk yang akan dibeli sesuai dengan harga, iklan yang
ditawarkan dan kualitas produk. Oleh karena itu produsen rokok berusaha
memproduksi produk untuk memenangkan persaingan agar dapat memuaskan
keinginan konsumen. Apabila konsumen merasa puas maka besar
kemungkinan dapat tercipta loyalitas konsumen. PT. Djarum Indonesia
sebagai salah satu perusahaan rokok besar di Indonesia memberikan berbagai
macam pilihan harga, membuat iklan dan memperhatikan kualitas produk
untuk konsumen agar menjadi loyal.
Penelitian ini menganalisis tentang pengaruh harga, iklan dan
kualitas produk terhadap loyalitas konsumen produk PT. Djarum Indonesia
(Studi Pada Konsumen Produk PT. Djarum Indonesia di Kota Surakarta).
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk PT. Djarum Indonesia
di wilayah Kota Surakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden
dengan teknik Accidental Quota Sampling. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi linier berganda, uji statistik ( uji t, uji F dan koefisien
determinasi) serta analisis crosstabs.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dari uji t
diperoleh simpulan bahwa hanya variabel iklan (X2) yang berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas konsumen produk PT. Djarum Indonesia,
sedangkan harga (X1) dan kualitas produk (X3) tidak berpengaruh signifikan.
Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variabel harga (X1), iklan
(X2) dan kualitas produk (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas konsumen produk PT. Djarum Indonesia (Y). Hal ini
dibuktikan dengan F hitung > F tabel. Iklan (X2) mempunyai pengaruh yang
paling dominan terhadap loyalitas konsumen produk PT. Djarum Indonesia.
Nilai R Square sebesar 48,8%. Dengan demikian kemampuan variabel bebas
yaitu harga (X1), iklan (X2) dan kualitas produk (X3) dalam menjelaskan
loyalitas konsumen (Y) produk PT. Djarum Indonesia adalah sebesar 48,8%
sedangkan sisanya sebesar 51,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel
penelitian.
|
---|