ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN ELPIJI 3 KILOGRAM PADA PT. AROMA JAYA SEJATI DI SRAGEN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel realibility, tangible, responsivennes, assurance, dan empathy mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen PT. Aroma Sejati di Sragen. Pengambilan data tentang kualitas pelayanan yang mempunyai pengaruh terhadap k...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2010
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/12162/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel realibility,
tangible, responsivennes, assurance, dan empathy mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap kepuasan konsumen PT. Aroma Sejati di Sragen.
Pengambilan data tentang kualitas pelayanan yang mempunyai pengaruh
terhadap kepuasan konsumen PT. Aroma Sejati dilaksanakan dengan
membagikan kuisioner kepada 100 orang responden. Variabel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Metode
pengambilan sampel menggunakan convenience sampling, dimana konsumen
diketahui berdasarkan seberapa sering intensitas pembelian tabung gas elpiji 3
kg di PT. Aroma Sejati. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis
deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi parsial (uji t), analisis
regresi bersama-sama (uji F) dan analisis koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda nilai koefisien regresi menunjukkan
pengaruh positif dari atribut kualitas pelayanan yaitu reliability (0,664), tangible
(0,140), responsiveness (0,02795), assurance (0,197), dan empathy (0,120),
terhadap kepuasan konsumen PT. Aroma Sejati di Sragen. Berdasarkan hasil
analisis regresi parsial (uji t), menunjukkan pengaruh posiif dari atribut kualitas
pelayanan yaitu t hitung reliability (6,971), tangible (2,519), assurance (2,134),
dan empathy (2,358) mempunyai pengaruh yang signifikan, dan hanya variabel
responsiveness (0,365) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen PT. Aroma Sejati di Sragen. dimana thitung atribut tersebut lebih besar
dari ttabel, (1,986). Berdasarkan hasil analisis regresi bersama-sama (uji F),
menunjukkan Fhitung lebih besar dari Ftabel (23,369 > 2,29). Berdasarkan hasil
koefisien determinasi (R2), menunjukkan angka 0,553 atau 55,3 %. berarti masih
terdapat variabel lain di luar penelitian sebesar 100 % - 55,3 % = 44,7 % yang
mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen PT. Aroma Sejati. Saran
yang dapat disampaikan bahwa PT. Aroma Sejati sebaiknya menigkatkan
kualitas pelayanan secara umum dan khususnya penigkatan pada variabel
reliability, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada konsumennya.
|
---|