ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara karakteristik perusahaan yang dalam penelitian ini diproksi dalam ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Populas...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Christyas, Lutfi Hanning
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/12095/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara karakteristik perusahaan yang dalam penelitian ini diproksi dalam ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2007 sampai 2009. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, berdasarkan kriteria yang ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 33 perusahaan tiap tahunnya. Metode analisis data yang digunakan adalah model analisis regresi berganda. Penggunaan metode analisis regresi dalam pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji apakah model tersebut memenuhi asumsi klasik atau tidak. Pengujian meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskesdastisitas dan uji autokorelasi Berdasarkan hasil pengujian statistik t variabel profitabilitas dan kepemilikan manajerial memiliki nilai signifikansi t < 0,05. Hal ini menunjukkan kedua variabel tersebut berpengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Sedangkan untuk variabel ukuran perusahaan, leverage, dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial karena memiliki nilai signifikansi t > 0,05.