ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara karakteristik perusahaan yang dalam penelitian ini diproksi dalam ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Populas...

Descripció completa

Guardat en:
Dades bibliogràfiques
Autor principal: Christyas, Lutfi Hanning
Format: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicat: 2011
Matèries:
Accés en línia:https://eprints.ums.ac.id/12095/
Etiquetes: Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
Descripció
Sumari:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara karakteristik perusahaan yang dalam penelitian ini diproksi dalam ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2007 sampai 2009. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, berdasarkan kriteria yang ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 33 perusahaan tiap tahunnya. Metode analisis data yang digunakan adalah model analisis regresi berganda. Penggunaan metode analisis regresi dalam pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji apakah model tersebut memenuhi asumsi klasik atau tidak. Pengujian meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskesdastisitas dan uji autokorelasi Berdasarkan hasil pengujian statistik t variabel profitabilitas dan kepemilikan manajerial memiliki nilai signifikansi t < 0,05. Hal ini menunjukkan kedua variabel tersebut berpengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Sedangkan untuk variabel ukuran perusahaan, leverage, dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial karena memiliki nilai signifikansi t > 0,05.