PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS GOOD CORPORATE GOVERNANCE PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Go Publik Yang Terdaftar di BEI)

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris sejauh mana kesempatan investasi, konsentrasi kepemilikan, leverage, komposisi aktiva, dan ukuran perusahaan, dapat mempengaruhi perusahaan dalam mengimplementasikan corporate governance. Berdasarkan hasil...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Aini, Isyti Qurrata
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/12084/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris sejauh mana kesempatan investasi, konsentrasi kepemilikan, leverage, komposisi aktiva, dan ukuran perusahaan, dapat mempengaruhi perusahaan dalam mengimplementasikan corporate governance. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kajian akuntansi keuangan mengenai agency teory sehingga dapat mengetahui tindakan corporate governance dan dampaknya terhadap karakteristik perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang ikut dalam pemeringkatan CGPI tahun 2006-2008 dengan sampel yang berjumlah 49 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang meliputi uji F, uji t dan uji determinasi (R2 ). Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa kesempatan investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas good corporate governance perusahaan. Konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas good corporate governance perusahaan. Leverage berpengaruh signifikan terhadap kualitas good corporate governance perusahaan. Komposisi aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas good corporate governance perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kualitas good corporate governance perusahaan.