IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK

Pengembangan kreativitas anak merupakan pangkal utama untuk mempersiapkan kehidupan anak yang meliputi penyesuaian dan kefleksibelan cara berpikir anak, oleh karena itu pembelajaran harus di kemas secara menarik dan menyenangkan. Salah satu pendekatan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang d...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: SUWARNI , SRI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/11955/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Pengembangan kreativitas anak merupakan pangkal utama untuk mempersiapkan kehidupan anak yang meliputi penyesuaian dan kefleksibelan cara berpikir anak, oleh karena itu pembelajaran harus di kemas secara menarik dan menyenangkan. Salah satu pendekatan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang dapat mengembangkan kreativitas anak adalah pendekatan BCCT khususnya di Sentra BAC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran dengan model BCCT dalam mengembangkan kreativitas anak pada KBIT Mutiara Insan Joho Sukoharjo Th 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif . Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok KB2 dan pendidik yang melaksanakan pembelajaran BCCT di sentra BAC. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terhadap pelaksanaan BCCT dan kreativitas anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data komparatif yaitu membandingkan hasil observasi dengan kriteria yang ditentukan. Berdasar hasil analisis data diketahui bahwa anak-anak di kelompok KB2 masuk kategori kreatif karena sebagian besar bahkan semua anak dapat mencapai indikator yang telah ditetapkan. Pelaksanaan BCCT di Sentra BAC masuk dalam kategori cukup karena pendidik kurang memperhatikan intensitas dan densitas dalam melaksanakan kegiatan BCCT sehingga masih ada pijakan yang tidak terlaksana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan BCCT di Sentra BAC dapat mengembangkan kreativitas anak.