UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TK MOJOREJO 1 SRAGEN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketrampilan berbahasa anak melalui metode bernyanyi di TK Mojorejo 1 Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan observasi, review, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik tr...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: SAFITRI , ERMA
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11947/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketrampilan berbahasa anak melalui metode bernyanyi di TK Mojorejo 1 Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan observasi, review, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dengan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) Pembelajaran di TK melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase ketrampilan berbahasa dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan ketrampilan berbahasa anak sebesar 13.33% atau 4 anak, peningkatan tindakan ketrampilan berbahasa siklus I mencapai 46.67 % atau 14 anak dan tindakan ketrampilan berbahasa pada siklus II mencapai 80.00 % atau 24 anak; 2) Metode pendukung mempunyai peranan sangat penting dalam tindakan ketrampilan berbahasa melalui pemanfaatan beberapa tema bernyanyi, misalnya dengan tema ”Satu-satu”, ”Kebunku”, dan ”Kucingku”. Dalam hal ini metode pendukung yakni pemberian waktu untuk mengeksplor kemampuan diri dan pemberian rewads very good membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran serta memotivasi anak untuk aktif dalam proses pembelajaran