PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI DI TK ABA KARANGANOM, KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN KARANGANYAR

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui sekenario pengem-bangan kecerdasan kinestetik melalui permainan lompat tali kelompok B di TK ABA Karanganom, Kabupaten Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, 2) menge- tahui hambatan yang dihadapi guru ketika melaksanakan permainan lompat tali. Meto...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: PRATIWI , HAJAR
Formato: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2011
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/11940/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
Descripción
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui sekenario pengem-bangan kecerdasan kinestetik melalui permainan lompat tali kelompok B di TK ABA Karanganom, Kabupaten Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, 2) menge- tahui hambatan yang dihadapi guru ketika melaksanakan permainan lompat tali. Metodologi penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode data analisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses pembelajaran baik dalam pengumpulan data, reduksi data, sampai pada penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu:1) Skenario pengembangan kecerdasan kinestetik melalui permainan lompat tali adalah pertama guru menerangkan dan mempraktekkan langsung cara permainannya dan gerakan-gerakan dalam permainan lompat tali, pertama-tama jalan perlahan-lahan untuk persiapan melompat, lari kemudian melompat dari ketinggian dari lutut kemudian di naikkan talinya sampai kepusar kemudian anak melompatinya, seperti cara sebelumnya dari lutut sampai kepala anak melewati tali dengan cara melompat, bagi anak yang kurang mengerti cara atau aturan permainan guru memberi semangat dan membantu anak saat melakukan gerakan-gerakan dalam permainan. Kecerdasan kinestetik dapat ditemui di permainan lompat tali seperti gerakan berjalan, melompat, berlari dan meloncat. 2) Hambatan yang dihadapi guru ketika melaksanakan permainan lompat tali adalah anak mengalami masalah ketika berangkat sekolah, terbatasnya waktu dalam pelaksanaan permainan, permainan tradisional jarang diterapkan di sekolah sehingga anak tidak mengetahui cara permainan lompat tali, guru kesulitan mengorganisasikan anak saat permainan lompat lali.