UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF DI TK AISYIYAH JETIS WONOREJO POLOKARTO SUKOHARJO

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses penerapan metode permainan konstruktif dengan lego untuk meningkatkan kreativitas anak, dengan mengidentifikasi peningkatan kreativitas anak yang meliputi rasa ingin tahu anak, kemampuan imajinasi anak, dan rasa percaya diri anak. Objek penelitia...

ver descrição completa

Na minha lista:
Detalhes bibliográficos
Autor principal: WINARSIH , ENI BUDI
Formato: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado em: 2010
Assuntos:
Acesso em linha:https://eprints.ums.ac.id/11932/
Tags: Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
Descrição
Resumo:Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses penerapan metode permainan konstruktif dengan lego untuk meningkatkan kreativitas anak, dengan mengidentifikasi peningkatan kreativitas anak yang meliputi rasa ingin tahu anak, kemampuan imajinasi anak, dan rasa percaya diri anak. Objek penelitian ini adalah penerapan metode permainan konstruktif dengan lego untuk meningkatkan kreativitas anak. Sumber dari penelitian ini diperoleh dari anak didik kelompok B TK Aisyiyah Jetis Wonorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan konstruktif mampu meningkatkan kreativitas anak. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil evaluasi terhadap profil kelas sebelum dan sesudah penelitian serta tanggapan dari anak didik setelah tindakan kelas selesai kreativitas anak didik dalam hal rasa ingin tahu anak dalam aspek yang diamati aktif dan giat bertanya dari 27,7% meningkat menjadi 88,8%. Kreativitas anak dalam hal kemampuan imajianasi anak dalam aspek yang diamati mampu/dapat membuat berbagai bentuk dengan lego dari 16,6% meningkat menjadi 77,7%. Dan kemampuan rasa percaya diri anak dalam aspek yang diamati menunjukkan dan menceritakan mainan yang dibuatnya dengan lego dari 22,2% meningkat menjadi 88,8%. Pembelajaran ini mendapat respon yang positif dari anak didik karena pembelajaran lebih inovatif dan bermakna.