UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN KUBUS BERGAMBAR KELOMPOK B DI TK AISYIYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B3 Semester I TK AISYIYAH Cabang Blimbing Wonorejo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajara...

Ամբողջական նկարագրություն

Պահպանված է:
Մատենագիտական մանրամասներ
Հիմնական հեղինակ: Qodriyah , Nurul
Ձևաչափ: Թեզիս
Լեզու:English
English
English
English
English
English
English
English
Հրապարակվել է: 2011
Խորագրեր:
Առցանց հասանելիություն:https://eprints.ums.ac.id/11931/
Ցուցիչներ: Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
Նկարագրություն
Ամփոփում:Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B3 Semester I TK AISYIYAH Cabang Blimbing Wonorejo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan bersifat diskriptif kualitatif dan dikenakan pada 22 anak didik. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil penelitian dalam hal ketertarikan pada aktivitas berhitung mulai dari 8 anak menjadi 14 anak, 18 anak, hingga 21 anak. Anak menyebutkan urutan bilangan dengan benar dari 7 anak menjadi 14 anak, 17 anak, hingga 19 anak. Anak mampu menjumlah-jumlahkan atau mengurangi angka dari 6 anak menjadi 12 anak, 15 anak, hingga 17 anak. Anak berani bertanya mulai dari 5 anak menjadi 9 anak, 12 anak, hingga 18 anak. Berdasarkan hasil penelitian dan observasi dapat disimpulkan ada peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan kubus bergambar.