PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I SIMO SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan: 1. untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran dengan strategi group to group exchange siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo tahun ajaran 2010/2011. 2. untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan strateg...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Budiyanto, Susilo
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11914/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan: 1. untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran dengan strategi group to group exchange siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo tahun ajaran 2010/2011. 2. untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan strategi group to group exchange siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 20 siswa. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan PTK yaitu dengan menggunakan strategi group to group exchange yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah I Simo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pokok yaitu metode observasi dan metode tes, serta metode bantu yaitu catatan lapangan dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif melalui perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan guru biologi kepada siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo. 2. terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo. Berdasarkan refleksi dan evaluasi pada analisis data yang diperoleh, aspek afektif siswa pada siklus I 29,05 (cukup berhasil), siklus II 36 (berhasil). Aspek kognitif siswa sebelumnya 50,3, siklus I meningkat menjadi 60,2 dan siklus II meningkat menjadi 72,7. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa dalam pembelajaran biologi kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo dengan menggunakan strategi group to group exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari aspek kognitif dan aspek afektif.