PEMANFAATAN KEBUN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP N 1 TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pemanfatan kebun sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VII semester I SMP N 1 Tunjungan kabupaten Blora tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah guru Biologi dan s...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: NYARASWATI , RATIH
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11906/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pemanfatan kebun sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VII semester I SMP N 1 Tunjungan kabupaten Blora tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah guru Biologi dan siswa kelas VII semester I SMP N 1 Tunjungan kabupaten Blora tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 5 kelas (VII1 – VII5). Sampel diambil sebanyak 36 siswa dan guru biologi kelas VII SMPN 1 Tunjungan Kabupaten Blora sebanyak 1 orang guru yang diambil dengan teknik purposive cluster sampling, yaitu kelas yang memiliki nilai rata-rata kelas terendah. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawanc ara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Biologi siswa setelah memperoleh pembelajaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan kebun sekolah sebagai sumber belajar lingkungan berupa kebun sekolah memperoleh rata-rata sebesar 8,62 lebih tinggi dari hasil belajar pretes sebesar 7,33. Peningkatan hasil belajar ini menunjukkan bahwa pemanfaatan kebun sekolah sebagai sumber belajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah: pemanfaatan kebun sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII semester I SMP N 1 Tunjungan kabupaten Blora tahun ajaran 2009/2010.