PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DENGAN PENERAPAN MEDIA KARTU PUZZLE PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 02 MACANAN KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Macanan Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sistem pencernaan makanan melalui penerapan media kartu puzzle. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas...
保存先:
第一著者: | |
---|---|
フォーマット: | 学位論文 |
言語: | English English English English English English English English |
出版事項: |
2011
|
主題: | |
オンライン・アクセス: | https://eprints.ums.ac.id/11876/ |
タグ: |
タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
|
要約: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD
Negeri 02 Macanan Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar pada mata
pelajaran IPA pokok bahasan sistem pencernaan makanan melalui penerapan
media kartu puzzle. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan
menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yang ditunjang dengan
prosentase klasikal. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak
18 siswa yang terdiri 9 anak laki – laki dan 9 anak perempuan Tahun Pelajaran
2010 / 2011. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah metode dokumentasi, metode observasi, metode wawancara, dan metode
tes. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut; pada tindakan observasi
diperoleh hasil 22,22 % untuk ketuntasan klasikal. Sedangkan ketuntasan secara
individu 50,27. Pada tindakan tiap siklus mengalami peningkatan yang cukup
baik. Siklus pertama ketuntasan belajar siswa secara klasikal 33,33 %, sedangkan
secara individu meningkat menjadi 60,83. Pada siklus kedua ketuntasan belajar
siswa meningkat menjadi 66,66 % dan ketuntasan secara individu meningkat
75,28. Pada siklus ketiga peningkatan hasil belajar siswa meningkat cukup
signifikan dengan rata – rata klasikal mencapai 83,33 % dan secara individu
81,67. Dari hasil pengamatan keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran
dengan penerapan media kartu puzzle mengalami peningkatan belajar. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu puzzle dapat meningkatkan
hasil belajar dan keaktifan siswa kelas V SD Negeri 02 Macanan Kecamatan
Kebakkramat Kabupaten Karanganyar pada pokok bahasan sistem pencernaan
makanan pada manusia. Meskipun ada beberapa siswa yang belum tuntas secara
klasikal dan secara individual, namun hasil penelitian lebih dari 75 % siswa tuntas
dalam belajar.
|
---|