PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERKALIAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MENCARI PASANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 01 Ngijo Tasikmadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung perkalian pada siswa kelas II SD N 01 Ngijo, beserta kendala dalam penerapannya. Variable yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan siswa...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: ROCHANI , SITI
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11873/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung perkalian pada siswa kelas II SD N 01 Ngijo, beserta kendala dalam penerapannya. Variable yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung perkalian (variable Y), sedangkan variable tindakan (variable X) yang digunakan adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make a Match). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindkan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Sample penelitian ini adalah siswa kelas II SD N 01 Ngijo yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, arsip dan dokumentasi, tes, perekaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai 3 komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make a Match) menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung perkalian pada siswa kelas II SD N 01 Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan ketuntasan klasikal siswa sebesar 19,07 %, siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 60 %, dan siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 83,1 %. Dengan demikian, dapat diajukan rekomendasi bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make a Match)dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung perkalian pada siswa kelas II SD N 01 Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar.