PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MEQIP SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 DAGEN KECAMATAN JATEN TAHUN 2010/2011
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Meqip Luas Daerah Segitiga Dengan Pendekatan Luas Daerah Persegi Panjang Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Dagen Kecamatan Jaten. (2) Untuk mengetahui pembelajaran matematika model MEQIP....
Enregistré dans:
Auteur principal: | |
---|---|
Format: | Thèse |
Langue: | English English English English English English English English |
Publié: |
2011
|
Sujets: | |
Accès en ligne: | https://eprints.ums.ac.id/11862/ |
Tags: |
Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
|
Résumé: | Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Meqip Luas Daerah Segitiga
Dengan Pendekatan Luas Daerah Persegi Panjang Siswa Kelas IV SD Negeri 02
Dagen Kecamatan Jaten. (2) Untuk mengetahui pembelajaran matematika model
MEQIP. (3) Agar peserta didik dapat menemukan konsep dari apa yang telah
dipelajari. (4) Membantu Pendidik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar
khususnya dalam pembelajaran Matematika pola MEQIP (5) Memberi motivasi
kepada peserta didik untuk lebih senang dengan pembelajaran Matematika.
Subyek Penelitian : Guru dan Siswa kelas IV SD Negeri 02 Dagen
Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 siswa
sebanyak 24 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian Tindakan
Kelas ini dirancang pelaksanaan 2 siklus. Tiap siklus memiliki beberapa tahapan,
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian pada siklus I rata-rata kelas mencapai 7,0 meskipun belum
mencapai target yang diharapkan 7,5 namun sudah ada peningkatan hasil yang
sebelumnya rata-rata kurang dari 6,5 sedangkan siklus II rata-rata hasil tes
mencapai 7,6 di atas tolak ukur keberhasilan, dengan demikian ada peningkatan
hasil belajar matematika.
Saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya guru dalam pembelajaran
matematika hendaknya selalu mempergunakan alat peraga sehingga dapat
membangkitkan minat belajar siswa. Guru dalam pembelajaran luas bangun datar
sederhana dalam pemecahan masalah diharapkan selalu menggunakan alat peraga
MEQIP agar bisa menarik siswa. Setiap siswa sebaiknya memiliki alat peraga
MEQIP minimal setiap kelompok satu. Guru perlu menjelaskan kembali cara
menggunakan alat peraga MEQIP luas daerah segitiga dengan pendekatan luas
daerah persegi panjang agar yang belum jelas dapat mengetahui. |
---|