UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI METODE QUESTION FLAG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah metode pembelajaran Question Flag dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Koperasi pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian ini...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: HARDINASARI , FARIDA
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/11849/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah metode pembelajaran Question Flag dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Koperasi pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi Koperasi dengan penggunaan metode Question Flag pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatipuro Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 22 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rerata awal siswa 61,36 ketuntasan secara klasikal mencapai 22,73 %. Siklus I diketahui nilai rerata 71,36 ketuntasan secara klasikal mencapai 59,09 %. Siklus II diketahui nilai rerata 75,68 ketuntasan secara klasikal mencapai 100 %. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode Question Flag dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karangnyar.