PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. S...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/11842/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui
peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran
matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD N
Gumpang 01 yang berjumlah 45 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah
motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
matematika khusunya materi bangun datar yang dapat dilihat dari meningkatnya
indikator motivasi belajar siswa meliputi: 1) Kesiapan siswa dalam mengikuti
pembelajaran sebelum tindakan 43,90%, putaran I 58,97%, pada putaran II
70,73%, dan di akhir tindakan 81,40%, 2) Antusias siswa dalam mengikuti
pembelajaran sebelum tindakan 48,78%, putaran I 64,10%, putaran II 73,17%, dan
di akhir tindakan 86,04%, 3) Nilai siswa lebih dari KKM (≥60) sebelum tindakan
43,90%, putaran I 61,54%, putaran II 68,29%, dan di akhir tindakan 79,07%.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika khususnya materi bangun datar
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
|
---|