UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW KELAS V SDN 03 JATISOBO KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw. bagi siswa kelas V SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru d...

সম্পূর্ণ বিবরণ

সংরক্ষণ করুন:
গ্রন্থ-পঞ্জীর বিবরন
প্রধান লেখক: SUTANTO , TEGUH
বিন্যাস: গবেষণাপত্র
ভাষা:English
English
English
English
English
English
English
English
প্রকাশিত: 2011
বিষয়গুলি:
অনলাইন ব্যবহার করুন:https://eprints.ums.ac.id/11840/
ট্যাগগুলো: ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
বিবরন
সংক্ষিপ্ত:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw. bagi siswa kelas V SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Sedangkan yang menjadi obyek penelitian adalah Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Dalam pengumpulan data, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi , tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil belajar pada tiap siklus sebagai berikut: (1) Pra Tindakan jumlah anak yang nilainya dibawah KKM sebanyak 16 anak atau 73 % sedangkan jumlah anak yang nilainya diatas KKM 6 anak atau 27 %, (2) siklus I jumlah anak yang nilainya dibawah KKM sebanyak 12 anak atau 54,5 % sedangkan jumlah anak yang nilainya diatas KKM 10 anak atau 45,5 %, (3) siklus II jumlah anak yang nilainya dibawah KKM sebanyak 6 anak atau 27 % sedangkan jumlah anak yang nilainya di atas KKM 16 anak atau 73%, (4) siklus III jumlah anak yang nilainya dibawah KKM sebanyak 0 atau 0 %, sedangkan jumlah anak yang nilainya di atas KKM 22 anak atau 100%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw prosentase hasil belajar dari tiap siklus terjadi peningkatan secara terus menerus pada siswa kelas V semester I SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010.