PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) PADA SISWA KELAS V SDN BANJARSARI TERAS BOYOLALI PADA SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan pecahan dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Banjarsari Teras Boyolali yang berjumlah 30 siswa sebagai subjek pemberi tinda...
Na minha lista:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tese |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicado em: |
2010
|
Assuntos: | |
Acesso em linha: | https://eprints.ums.ac.id/11839/ |
Tags: |
Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
|
Resumo: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan pecahan dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN
Banjarsari Teras Boyolali yang berjumlah 30 siswa sebagai subjek pemberi tindakan, dan Objek adalah SDN Banjarsari. Data penelitian ini adalah pemahaman konsep yang dapat dilihat dari keaktifan dan hasil belajar siswa selama pemberian tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, interview. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep pecahan. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa yang meliputi
1)mengerjakan soal ke depan kelas diawal Siklus mencapai 50% dan di akhir siklus mencapai 83, 33%, 2) memberi tanggapan dari jawaban siswa lain pada awal siklus 46, 66% dan diakhir siklus mencapai 80%, 3) mengajukan ide/tanggapan pada guru di awal siklus 50% dan diakhir siklus mencapai 86, 66%,4) membuat kesimpulan pada awal siklus 50% dan di akhir siklus mencapai 83, 33%, dan 5) memanfaatkan sumber belajar pada awal siklus 83, 33% dan diakhir siklus mencapai 90%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan meliputi aspek: 1)kemampuan
mengkonstruksikan soal pada awal siklus 73, 33% dan diakhir siklus mencapai 90%, 2)ketepatan penggunaan rumus pada awal siklus 76, 66% dan diakhir siklus mencapai 90%, 3) kemampuan proses perhitungan pada awal siklus 80% dan diakhir siklus mencapai 90%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan CUPs dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. |
---|