MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI METODE ILMIAH MELALUI STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION DAN QUESTION STUDENT HAVE PADA SISWA KELAS X TKJ2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Metode Ilmiah dengan penggunaan strategi Learning Starts With A Question dan Question Students Have siswa kelas X TKJ 2 SMK M uhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan...
Salvato in:
Autore principale: | |
---|---|
Natura: | Tesi |
Lingua: | English English English English English English English English |
Pubblicazione: |
2011
|
Soggetti: | |
Accesso online: | https://eprints.ums.ac.id/11838/ |
Tags: |
Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne!!
|
Riassunto: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Metode Ilmiah dengan penggunaan strategi Learning Starts With A Question dan Question Students Have siswa kelas X TKJ 2 SMK M uhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan strategi Learning Starts With A Question dan Question Students Have yang dilakukan dal am dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 63,35 dari nilai awal sebesar 47,43; sedangkan nilai
rata-rata afektif sebesar 11,12 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 83,86 dari siklus I yang hanya 63,35;
sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 13,29 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Learning Starts With A Question dan Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas X TKJ2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. |
---|