PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA
Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran siswa kelas VIIIG SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, antara lain siswa kurang aktif, kurang motivasi, pemahaman materi rendah, penyampaian materi monoton, dan kurang berani menyampaikan pendapat. Tujuan penelitian mengetahui peningkatan hasil b...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/11835/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran siswa kelas VIIIG SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, antara lain siswa kurang aktif, kurang motivasi, pemahaman materi rendah, penyampaian materi monoton, dan kurang berani menyampaikan pendapat. Tujuan penelitian mengetahui
peningkatan hasil belajar Biologi pokok bahasan sistem pernapasan manusia penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan media Charta siswa kelas VIIIG tahun ajaran 2010/2011. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan tiga siklus dengan analisis data kualitatif. yaitu menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Sumber data diperoleh dari aspek kognitif (hasil belajar), aspek afektif (pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran), dan aspek psikomotorik (keterampilan yang dimiliki siswa). Hasil penelitian
menunjukan bahwa rerata hasil perolehan aspek kognitif meningkat setiap siklusnya, siklus I 5,89; siklus II 7,15; dan siklus III 8,19 target yang dicapai 94,4%. Hasil rerata kelas aspek afektif siklus I 2,2 kriteria cukup baik; siklus II 2,9 kriteria baik; dan siklus III 3,3 kriteria baik target yang dicapai 94,4%. Hasil rerata kelas aspek psikomotorik siklus I 2,3 kriteria cukup baik; siklus
II 2,9 kriteria baik; dan siklus III 3,2 kriteria baik target yang dicapai 97,2%. Peningkatan hasil perolehan aspek kognitif dari siklus I ke siklus II sebanyak 36,1% dan siklus II ke siklus III 36,1%; aspek afektif peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II 38,9% dan dari siklus II ke siklus III 13,8%; aspek psikomotorik peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II 36,3% dan
dari siklus II ke siklus III 13,7%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan media Charta dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia (Biologi) siswa kelas VIIIG SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. |
---|