PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF READING GUIDE DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

Selama pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali pada pokok materi Sistem Pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROHMAWATI , SRI YULI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11829/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995447008264192
author ROHMAWATI , SRI YULI
author_facet ROHMAWATI , SRI YULI
author_sort ROHMAWATI , SRI YULI
collection ePrints
description Selama pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali pada pokok materi Sistem Pernapasan pada Manusia Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan Strategi Reading Guide dan Role Playing. Strategi Reading Guide merupakan strategi pembelajaran untuk memahami materi secara mandiri siswa dengan membaca teks bacaan. Strategi Role Playing merupakan strategi yang melibatkan interaksi antara dua siswa atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Metode yang digunakan adalah membaca, penugasan, diskusi kelompok, dan presentasi kelompok dan ceramah. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar di kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Sebelum pelaksanaan tindakan penelitian untuk ranah kognitif produk didapat nilai rata-rata kelas 60,90. Pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata kelas (68,29), dan siklus II (75,14). Pada ranah kognitif proses, tercapai skor dengan kriteria baik dan sangat baik % 75 ≥ dari setiap aspek yang diamati. Untuk ranah afektif pada Reading Guide siklus I (16,28) dan siklus II (18,94), sedangkan pada Role Playing siklus I (16,19) dan siklus II (19,97). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: secara keseluruhan baik penelitian kognitif produk, kognitif proses dan penilaian perilaku afektif ada peningkatan hasil belajar biologi menggunakan Strategi Reading Guide dan Role Playing siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11829
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11829 https://eprints.ums.ac.id/11829/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF READING GUIDE DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 ROHMAWATI , SRI YULI L Education (General) Selama pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali pada pokok materi Sistem Pernapasan pada Manusia Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan Strategi Reading Guide dan Role Playing. Strategi Reading Guide merupakan strategi pembelajaran untuk memahami materi secara mandiri siswa dengan membaca teks bacaan. Strategi Role Playing merupakan strategi yang melibatkan interaksi antara dua siswa atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Metode yang digunakan adalah membaca, penugasan, diskusi kelompok, dan presentasi kelompok dan ceramah. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar di kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Sebelum pelaksanaan tindakan penelitian untuk ranah kognitif produk didapat nilai rata-rata kelas 60,90. Pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata kelas (68,29), dan siklus II (75,14). Pada ranah kognitif proses, tercapai skor dengan kriteria baik dan sangat baik % 75 ≥ dari setiap aspek yang diamati. Untuk ranah afektif pada Reading Guide siklus I (16,28) dan siklus II (18,94), sedangkan pada Role Playing siklus I (16,19) dan siklus II (19,97). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: secara keseluruhan baik penelitian kognitif produk, kognitif proses dan penilaian perilaku afektif ada peningkatan hasil belajar biologi menggunakan Strategi Reading Guide dan Role Playing siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11829/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11829/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11829/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11829/8/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11829/10/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11829/13/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11829/17/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11829/20/09._Lampiran.pdf ROHMAWATI , SRI YULI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF READING GUIDE DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420070006
spellingShingle L Education (General)
ROHMAWATI , SRI YULI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF READING GUIDE DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF READING GUIDE DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF READING GUIDE DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF READING GUIDE DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF READING GUIDE DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF READING GUIDE DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort penerapan model pembelajaran aktif reading guide dan role playing untuk meningkatkan hasil belajar biologi dalam pokok materi sistem pernapasan pada siswa kelas viii a smp negeri 2 sawit boyolali tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11829/
work_keys_str_mv AT rohmawatisriyuli penerapanmodelpembelajaranaktifreadingguidedanroleplayinguntukmeningkatkanhasilbelajarbiologidalampokokmaterisistempernapasanpadasiswakelasviiiasmpnegeri2sawitboyolalitahunajaran20102011