IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II Sub Pokok Bahasan Persegi SMP Negeri I
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika, 2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Problem Based...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/11827/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan proses pembelajaran
matematika menggunakan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran
matematika, 2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep dalam proses
pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Problem Based
Learning, 3) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan
strategi pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian pada penelitian ini
adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subyek penerima tindakan adalah siswa
kelas VII C SMP Negeri I Plupuh yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi. Metode observasi dan metode tes sebagai
metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, metode
dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi
penyelidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
analisis kualitatif dilakukan dengan metode alur yang meliputi reduksi data,
penyimpangan data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika
pada pokok bahasan persegi. Hal ini dapat dilihat dari : (1) indikator pemahaman
konsep: a) siswa yang menyebutkan ciri, sifat dan faktor-faktor yang mendukung
konsep sebelum tindakan 5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar
57,5%, b) menghubungkan konsep tersebut dengan konsep-konsep lain yang
berhubungan sebelum tindakan 2,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan
sebesar 52,5%, c) mampu membuat kesimpulan yang meliputi pendefinisian konsep
sebelum tindakan 7,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar
37,5%, d) mampu memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum
tindakan 12,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 35%. (2)
peningkatan hasil belajar matematika sebelum tindakan sebesar 67,5% dan setelah
tindakan mengalami peningkatan sebesar 97,4%. Peneliti menyimpulkan bahwa
metode PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan pemahaman konsep
dan hasil belajar matematika.
|
---|