PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN NAPZA PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 CEPOGO TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Cepogo pada pokok bahasan NAPZA Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis da...

Täydet tiedot

Tallennettuna:
Bibliografiset tiedot
Päätekijä: KURNIAWATI , SITI MASRUROH
Aineistotyyppi: Opinnäyte
Kieli:English
English
English
English
English
English
English
English
Julkaistu: 2011
Aiheet:
Linkit:https://eprints.ums.ac.id/11825/
Tagit: Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
Kuvaus
Yhteenveto:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Cepogo pada pokok bahasan NAPZA Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran dengan menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay berjalan dengan baik. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Hasil penelitian dengan metode pembelajaran Course Review Horay pada siklus I dengan melakukan post test, rata- rata hasil belajar sebesar 6,4 atau meningkat sebesar 1,2 dari nilai awal (5,2), sedangkan untuk rata-rata hasil belajar aspek afektif sebesar 21,3 termasuk dalam kategori kurang berminat. Hasil pembelajaran tindakan kelas pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif (post test) sebesar 7,2. Untuk rata-rata hasil belajar aspek afektif pada siklus II adalah sebesar 37,4 (termasuk kategori cukup berminat). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar aspek kognitif nilai awal dibanding siklus I sebesar 1,2 serta rata-rata hasil belajar siklus I dibanding siklus II sebesar 0,8. Sehingga dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa : “Penerapan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Cepogo Tahun Ajaran 2009/2010”.