PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DENGAN MENGOPTIMALKAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Gasal di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2010 / 2011)

Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui strategi pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalkan lembar kerja siswa di SMP Negeri 2 Banyudono, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalk...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: RAHAYU , SLAMET PUR
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/11771/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui strategi pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalkan lembar kerja siswa di SMP Negeri 2 Banyudono, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalkan lembar kerja siswa di SMP Negeri 2 Banyudono. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) keberanian siswa dalam bertanya sebelum tindakan 9,38%, putaran I 21,88%, putaran II 25%, dan di akhir 40,63 %. b) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 21,88%, putaran I 34,38%, putaran II 40,63% dan di akhir tindakan 56,25%, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 18,75%, putaran I 34,38%, putaran II 43,75% dan di akhir tindakan 53,13%, d) mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan 6,25%, putaran I 18,75%, putaran II 31,25% dan di akhir tindakan 37,5%, e) menyanggah atau menyetujui ide teman sebelum tindakan 12,5%, putaran I 21,88%, putaran II 37,5% dan di akhir tindakan 43,75% dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 46,88%, putaran I 56,25%, putaran II 65,63%, putaran III 81,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalkan lembar kerja siswa dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.